Cara Mengatasi Motor Yang Macet Karena Banjir- Mudah Dan Murah

Advertisement

Cara Mengatasi Motor Yang Macet Karena Banjir- Mudah Dan Murah

Motor roda dua memang menjadi andalan buat para otomania dan para pekerja. Dengan roda dua ini mereka beraktifitas. Tapi sobat otomania apakah anda tahu kendala dan cara mengatasi problema kendaraan roda dua saat macet karena jalanan banjir? sangat mudah dan mungkin jarang anda bayangkan. Pada saat musim hujan,jalanan yang basah membuat kendaraan kita bisa saja macet,anda jadi panik. Tetapi sekarang jangan takut lagi ya, Saya tuliskan beberapa trik dan tips dalam menghadapi motor macet saat musim hujan. Berikut caranya ;

 

1. Cara pencegahan agar motor tidak macet saat musim hujan
Langkah preventif agar motor tidak macet ini sangat penting. Langkah langkah dilakukan agar saat nanti berkendara jadi nyaman dan tidak terganggu karena macet. Berikut langkahnya :

  • Tutup dengan rapat setiap sambungan listrik pada kendaraan bermotor. Nah ini harus kita lakukan agar motor tidak macet. Tutup rapat setiap sambungan,misalkan penutup busi,sambungan kelistrikanya,sambungan cop busi. Usahakan semua harus rapat.
  • Pasanglah filter udara karburator,pada saat musim hujan,filter karburator harus ditutuup. Ini berfungsi agar tidak ada air hujan yang masuk ke dalam karburator.
  • Rencanakan awal jalan yang anda lewati, nah ini berfungsi untuk mengantisipasi jalanan mana yang sering banjir. Bertujuan agar saat nanti hujan,kita tidak terjebak di jalanan yang banjir.
2. Cara mengatasi saat motor sudah macet karena kena air hujan/banjir
Nah jika suatu saat anda mengalami masalah macet di jalanan yang banjir,lakukan hal seperti di bawah ini :
  • Copot penutup kepala busi. Nah ini bertujuan untuk mengeringkan area sekitar busi. Umumnya motor macet karena kepala busi basah. Nah caranya dengan mengelap kop busi dengan tisu atau kain atau kertas yang kering. Usahakan sampai kering. Lalu distater. Pasti motor kembali hidup
  • Jika karburator kemasukan air banjir,lakukan hal seperti ini. Buka /putar dengan obeng,baut min /plus yang ada di bagian bawah karburator. Buanglah bensin yang bercampur dengan air tersebut. Dikira kira saja.
  • Jika motor keplepek,lakukan hal seperti ini. Buka kap busi,putar busi menggunakan kunci busi,lakukan pembersihan di area busi. Distater beberapa kali agar air yang ada di ruang bakar habis atau kering. Setelah itu pasang lagi. 
Nah mudahkan sobat otomania. Cara seperti ini sangat mudah. Jangan takut lagi saat motor anda macet karena banjir. Ok,,,sekian tips dari saya ya,Jika pembaca punya unek unek bisa email langsung ke arisdiyanto29@gmail.com


Tag : OTOMOTIF
Back To Top