Cara Membuat Lilin Hias Dan Cara Pemasaranya

Advertisement

Cara Membuat Lilin Hias Dan Cara Pemasaranya

Memulai usaha adalah sesuatu yang bikin jantung deg deg ser. Banyak ketakutan ketakutan menghinggapi di pikiran kita. Kebanyakan dari para anak muda yang akan melakukan usaha,hal pertama dalam usahanya adalah modal. Memang modal sering menjadi kendala dalam setiap usaha,tetapi apakah tidak ada cara lain untuk mengatsi dari segi modal ini. Tentu ada,jika memang sudah ada kemauan,semua sudah dengan tekad,pasti usaha akan berhasil. Jiwa entrepeneur harus diterapkan kepada generasi muda,agar menjadi generasi yang mandiri,unggul dan tentunya menjadi bos bagi dirinya sendiri. Mungkin untuk mengawali suatu usaha,kita belajar dari yang kecil-kecil saja. Ambil contoh pembuatan lilin hias. Lilin hias sekarang semakin saja digemari oleh ank uda,menurut anak muda zaman sekarang,lilin yang berwarna warni akan melambangkan romansa cinta kekasih. Memang, lilin hias identik dengan kesan romantisme. Ya, kebanyakan lilin hias ini digunakan oleh restoran yang mewah untuk menambah kekhusukan dalam membina cinta antara sepasang kekasih. Karena hal itulah, usaha pembuatan liln hias ini sekarang bukan lagi usaha rumahan yang  hasilnya ecek ecek. Usaha lilin hias ini sekarang menjadi usaha yang menghasilkan uang yang menggiurkan. Nah buat anda yang ingin membuka usaha pembuatan lilin hias ini,berikut cara membuat lilin hias :

1. Mempersiapkan bahan bahan pembuatan lilin hias
Langkah mempersiapkan ini harus maksimal dalam memulai suatu usaha itu, kita harus pandai mengatur sisi penghitungnya. Mulai dari beli bahan baku,biaya produksi dan biaya pasca produksi harus kita hitung secara teliti, agar usaha pembuatan lilin ini tidak berat diongkos. Atau ibaratnya usaha yang kita lakukan ini sia sia. Nah untuk lilin hias ini,berikut beberapa bahan yang dipergunakan untuk membuat lilin hias  ini :
  • Parafin
  • Pewarna
  • Gelas kecil beraneka ukuran dan corak
  • Panci
  • Benang
  • Plastik untuk mengemas
2. Proses membuat lilin hias
Dalam membuat lilin hias ini,kita harus matang dalam desain warna dan bentuk. Karena proses pewarnaan yang tidak bagus akan menghasilkan kualitas lilin hias yang tidak bagus pula. Jadi untuk bahan pertimbangan,anda bisa membuka google atau buku panduan. Nah untuk proses membuat lilin hias ini adalah sebagai berikut :
  • Masukkan parafin ke panci ( sesuai yang akan anda buat )
  • Masukkan air ke panci yang sudah terisi dengan parafin tadi, air yang dimasukkan kira kira 1/3 dari parafin yang akan kita masak.
  • Masukkan pewarna, nah saat pemberian warna ini anda harus sesuai dengan takaran. Buatlah warna yang menarik. Misal merah hati,ungu dan hijau. Warna waran seperti ini sangat digemari
  • Tuang parafin yang sudah diwarnai tadi ke gelas yang kecil atau apa saja yang sudah anda persiapkan sebelumnya.
  • Tuang lagi parafin yang beraneka warna,agar timbul perpaduan warna
  • Jangan lupa masukkan benang sebagai sumber nyala api
  • Diamkan beberapa menit hingga lilin hias benar benar dingin
  • Kemas lilin hias, bikin kemasan semenarik mungkin
3. Proses pemasaran
Nah dalam menjalankan usaha,proses pemasaran ini menjadi langkah utama dalam usaha. Apa gunanya kita bisa memproduksi,tetapi kita tidak bisa memasarkanya. Nah cara yang paling muda dalam memasarkan adalah dengan media sosial. Bisa melalui facebook,twitter,instagram maupun path. Tawarkanlah lilin hias anda dengan semenarik mungkin. Buat pembeli anda merasa tertarik dengan lilin hias anda. Setelah proses pengiklanan di media sosial sudah,proses selanjutnya adalah memasrkan barang kita di toko toko. Caranya dengan titip jual atau apa yang penting intinya barang kita bisa dipajang. Kiatnya adalah kita menemui pemilik atau pemnanggung jawab suatu toko,di lobi yang manis,yakinkan bahwa lilin hias anda ini barang yang mewah tetapi harga tidak wah alias murah. Sikap  sopan harus kita utamakan. Nah sobtat,demikian cara pemasaran dari lilin hias ini. Semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat. Selamat mencoba ya.
Tag : IPTEK
Back To Top