Cara Membuat Alat Pemurni Air Sederhana - Teknologi Sederhana Hasil Istimewa

Advertisement

Cara Membuat Alat Pemurni Air Sederhana - Mudah Dan Murah

Akhir akhir ini kondisi air semakin mengkhawatirkan. Banyak sekali pencemaran lingkungan menyebabkan kondisi air jadi kurang jernih. Ditambah lagi banyaknya industri yang membuat sumur dengan kedalaman mencapai 100m. Hal ini dapat mempengaruhi kuaitas air tanah. Jika proses pencemaran tanah tidak kita tanggulangi,bisa menyebabkan generasi sesudah kita akan mengkonsumsi air dengan kondisi kapur yang tinggi. Nah maka dari itu,kita harus bijak dalam menggunakan air. Dan saat ini buat anda yang merasa air sumurnya sudah mulai keruh,berikut cara membuat pemurni air sederhana dari barang barang yang ada di sekitar anda. Perhatikan gambara ini :

Pada gambar ini terlihat barang yang sering anda kesampingkan,padahal jika anda tahu dan paham kegunaanya pasti anda akan berfikir dua kali untuk membuangnya. Ya barang tersebut dapat kita gunakan untuk membuat alat pemurni air. Alat pemurni air sederhana ini berfungsi untuk mengubah air yang keruh menjadi air yang bersih dan bisa kita gunakan sehari hari. Alat pemurni air sederhana ini meskipun kelihatanya hanya barang sederhana,tetapi fungsi dan kegunaanya sangat istimewa. Cocok buat warga yang ada di daerah yang tingkat kapurnya di dalam air cukup tinggi. Adapun bahan yang dipergunakan adalah sebagai berikut :

1. Bekas botol minuman ukuran 1,5 L jumlahnya 8 buah
2. Pralon ukuran 3/4 sepanjang 1m
3. Keni ukuran 3/4 sebanyak 19 buah
4. Tba / perapat sambungan
5. Lem pralon
6. Kerikil kecil
7. Ijuk 

Adapun cara membuat alat pembuatanya adalah sebagai berikut. Buatlah lobang pada masing masing botol minuman tersebut,tutup setiap sambungan hingga air tidak merembes. Setelah itu bisa dimasukkan bahan pemurni air,antara lain,pasir,batu kerikil kecil,ijuk,arang bathok kelapa. Nah semua bahan baku dirangkai seperti pada gambar diatas. Setelah itu alirkan air dari sumur/ tampungan air menuju alat pemurni air sederhana tersebut. Cukup mudah kan cara pembuatanya. Nah mulai sekarang jangn takut lagi jika air mulai keruh. O ya,untuk proses penggantian bahan pemurni bisa lihat kondisi saat pemurnian. Jika dirasa air sudah agak kotor,ganti bahan pemurni air tersebut. Selamat mencoba ya.
Tag : IPTEK
Back To Top