Obat Ayam Ngorok Paling Mujarab

Advertisement

Obat Ayam Ngorok Paling Mujarab

Hai sobat jagoholic,ayam aduan yang sehat pasti menyenangkan. Di musim yang serba anaeh dan tak menentu seperti ini,ayam aduan bisa saja terserang penyakit yang aneh aneh. Salah satunya adalah penyakit ngorok. Ya penyakit ngorok adalah penyakit yang disebabkan penurunan daya tahan tubuh ayam. Tapi sobat jagoholic sudah tahukah gejala ayam ngorok? Berikut gejala ayam akan terserang flu/ngorok :
  • Ayam terlihat kurang segar ,pucat lesu pada wajahnya.
  • Dalam waktu kurang dari 2 jam,ayam mulai kurang bergairah baik saat makan maupun saat aktifitas.
  • Timbul suara ngorok dan pilek ( Seperti bersin bersin yang berketerusan)
  • Ayam terlihat kedinginan (demam) dapat ditandai dengan bulunya mulai mengembang dan biasanya ayam mulai tertunduk meringkuk seperti ayam yang sedang tidur.
  • Keluar lendir dari mulut,mata/kelopak mata serta mencret (akibat ayam susah makan)
  • Pencernaan kurang baik ditandai dengan kotoran masih utuh,sebagai salahsatu contoh,misal ayam diloloh beras,maka akan masih ada beras - beras yang utuh dalam kotoranya.
Nah sobat jagoholic,jika ayam aduan anda sudah ada tanda - tanda akan mengalami ngorok,segera lakukan pencegahan maupun penangananya. Berikut ramuan ataupun jamu tradisional untuk mengobati ayam ngorok tersebut ;


1. Daun Sirih
Salah satu obat ayam ngorok yang paling tenar dan banyak diketahui pehobi ayam saat ini adalah daun sirih. Resep ini dibuat dengan merebus 5 helai daun sirih, daun sirih merah lebih bagus,  dalam 1 gelas air bersih.

Kemudian air rebusan tersebut disaring dan campurkan air perasan dari 1 buah jeruk nipis ke dalamnya. Obat tradisional ini lalu diminumkan pada ayam yang ngorok ketika masih hangat. Dosis yang digunakan adalah 2 kali sehari, setiap pagi dan sore.

Baca juga :
Jamu Ayam Juara
2. Bawang Putih
Bawang putih juga tergolong obat ayam ngorok tradisional yang sudah banyak diketahui kemujarabannya dalam meredakan masalah pernapasan ayam. Bawang putih yang diparut, kemudian diambil sarinya, lalu sari tersebut diminumkan pada ayam yang menderita sakit ngorok.

Selain mengobati ngorok, sari bawang putih yang diminumkan pada ayam juga dipercaya berguna sebagai obat cacing dan obat untuk meningkatkan nafsu makan ayam aduan.

3. Getehan
Sobat jagohilic daerah Pantai Utara Jawa sering menggunakan tanaman getehan untuk mengobati masalah ngorok pada ayamnya. Tanaman getehan sendiri adalah sejenis tanaman perdu yang tumbuh di semak belukar.

Obat ayam tradisional yang satu ini sangat ampuh dan mujarab sekali. Ketika sore diberikan, ngorok pada ayam akan sembuh di pagi harinya. Kendati demikian, tanaman yang satu ini cukup sulit ditemukan, sehingga kita tidak bisa mengandalkan ia sepenuhnya.

Cara Mudah Membuat Ayam Jadi Juara
Nama Nama Ayam Bangkok Terbaik

Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat ngorok adalah buahnya. Buah yang sudah matang (berwarna merah) ditumbuk kemudian diambil sarinya untuk kemudian diminumkan pada ayam yang sakit. Jika tidak langsung sembuh, ulangi pemberian ramuan ini setiap 1 hari sekali, saat malam hari.

Nah setelah membaca dan mengetahui gejala dan obat tradisional paling mujarab untuk ayam aduan anda,sekarang jangan takut lagi ya sobat jagoholic.

Back To Top