Cara Merawat Ayam Saat Musim Panas

Advertisement

Tips Dan Cara Merawat Ayam Aduan Saat Musim Panas

Musim kemarau yang cukup panjang di Indonesia akhir-akhir ini membuat kita waspada tentang kesehatan tubuh kita,bahkan cuaca yang panas juga berpengaruh terhadap ketahanan fisik ayam aduan kita. Jika kita tidak teliti,bisa bisa ayam aduan kita bisa keok,terlebih ayam aduan yang masih indukan. Untuk itu saya bagikan sedikit tips bagaimana cara merawat ayam aduan saat cuaca panas,adapun cara-caranya adalah sebagai berikut :

  • Usahakan kandang ayam aduan kita berada di tempat yang teduh,jika sudah terlanjur di tempat yang panas,diberi peneduh,misal daun kelapa,atau tutup apalah yang penting ayam aduan tidak kepanasan.
  • Kandang ayam aduan harus bebas daru debu.
  • Siramlah area sekitar kandang ayam aduan kita yang berpotensi menghasilkan debu.
  • Beri makan ayam aduan dengan sayuran pada siang hari dengan cara memotong sayuran tersebut kecil-kecil,fungsi dari sayuran adalah penambah kekebalan tubuh ayam,karena sayuran banyak mengandung vitamin.
  • Jangan memberikan minuman pada siang hari,karena berakibat bisa membuat ayam aduan kita jadi pilek. Usahakan pemberian minuman pada sore hari saja.
  • Berilah makanan yang kering-kering,karena pemberian makanan yang basah dan lembek bisa menyebabkan ayam aduan kita jadi pilek atau ngorok.
  • Cara memandikan ayam aduanya sederhana saja,usaplah bagian bagian tertentu,misal sayap,kepala,usahakan bulu jangan sampai rontok,karena saat musim panas,udara siang hari panas sekali,sedangkan malam hari jadi dingin sekali.
  • Usahakan kandang ayam aduan kita diberi penghangat,misal lampu plenthong,atau apa yang berfungsi untuk menghangatkan kandang ayam,tutuplah kandang ayam agar nyamuk maupun hama tidak masuk kandang.
Nah sobat jagoholic,mudah kan. Buat sobatholic yang mempunyai unglebih,kasihlah ayam aduan suplemen penambah ketahanan tubuh,beli saja di poultry shop terdekat. Biar sobat jagoholic lebih greng lagi dalam merawat sidoi,baca juga :
Back To Top