Mitos Warna Bulu Ayam Bangkok Jawara

Advertisement

Mitos Warna Bulu Ayam Bangkok Jawara

Hola jagoholic
Membahas tentang ayam bangkok memang tidak ada habisnya,ada saja bahasan di setiap bagianya,tak terkecuali bulu ayam bangkok. Banyak sekali mitos maupun analogi yang menggambarkan tentang warna bulu ayam bangkok,ya jagoholic bisa percaya atau tidak mitos itu tetap saja masih membayang di para jagoholic,mungkin sebagai panduaan ini saya tuliskan ciri ciri warna bulu ayam jago calon jawara :

  • Wiring kuning, warna ayam semacam ini disegani ayam ayam dengan warna lain. Disebut wiring kuning karena ayam mempunyai warna hitam dengan paruh, kaki, bulu hiasan dan rawis kuning.
  • Wiring galih, warna ini juga ditakuti ayam lain. Ayam aduan dengan warna wiring galih tersebut mempunyai ciri bulu dasar hitam dengan paruh dan sisik kaki hitam sedangkan warna bulu hiasan dan rawis berwarna campuran hitam dan coklat.
  • Hitam atau Taduang, warna ayam semacam ini juga perlu diperhitungkan. Adapun cirri-cirinya adalah jika ayam mempunyai warna bulu dasar, bulu hias dan rawis berwarna hitam. Dan jika hitam mulus disebut dengan ayam sipatung rimbo. Warna ini terdiri dari warna hitam dengan rawis hitam paruh, kaki dan mata juga hitam.
  • Bangkeh, warna ayam aduan seperti ini juga perlu diwaspadai karena terkenal keuletannya dalam bertarung. Ayam bangkok aduan bangkeh mempunyai warna yang sama antara bulu dan rawis. Warna ini bisa berwarna emas dan merah. Bangkeh juga dibagi 2, jika ayam aduan mempunyai bulu-bulu dan rawisnya berwarna emas maka dikatakan sebagai bangkeh emas sedangkan jika bulu dan rawisnya berwarna merah maka disebut bangkeh api. Adapun keistimewaan ayam ini akan kami bahas pada sajian berikutnya.
  • Kelabu atau Kanso, warna ayam aduan disebut kanso apabila mempunyai warna bulu dan warna rawis abu-abu/klawu. Kanso juga dibagi 2: jika ayam aduan mempunyai bulu dasar abu-abu dengan rawis abu-abu gelap atau hitam maka disebut kanso monyet dan jika ayam aduan dengan bulu dasar abu-abu sedangkan bulu rawis berwarna kuning maka disebut kanso api.
  • Kuriak atau Jali, warna ayam aduan semacam ini juga mempunyai keistimewaan yan tidak boleh diremehkan. Warna ayam aduan kuriak mempunyai ciri-ciri ayam aduan dengan warna bulu campuran antara dua warna dengan garis garis kecil. Contoh hitam-abu abu-hitam abu abu dan bisa juga coklat-hitam-coklat hitam. Ayam aduan dengan warna ini bisa dikatakan unik karena ayam aduan dengan warna seperti ini masih langka dalam menjumpainya.
  • Kinantan atau Putih, ayam aduan dengan warna seperti ini juga perlu diwaspadai karena mempunyai warna yang ditakuti ayam lain. Ayam aduan dikatakan kinantan apabila ayam aduan mempunyai warna bulu dasar putih dengan warna bulu hias dan rawis juga putih. Namun jika warna ayam bangkok aduan putih mulus yang terdiri dari warna dasar putih, bulu hias, rawis, kaki dan paruh juga putih ayam ini mempunyai keistimewaan tersendiri yang akan kami bahas pada tema berikutnya.
Ya jagoholic,setelah anda pelajari,moga anda sekarang sudah bisa memilih mana calon aduan anda,ya semoga informasi diatas bisa menambah pengetahuaan anda tentang ayam aduan. Ingat ayam bisa jawara juga karena pelatihan yang cukup.....
Back To Top