Jamu Tradisional Ayam Bangkok Warisan Nenek Moyang

Advertisement

Jamu Tradisional Ayam Bangkok Warisan Nenek Moyang

Halo sobat jagoholic,Indonesia memang terkenal dengan berbagai resep jamu tradisional,tak terkecuali buat ayam aduan kita. Wah yang benar? Tentu benarlah,nenek moyang kita ternyata mewarisi resep yang ampuh untuk ayam aduan kita,ya mungkin kita bisa percaya atau tidak,tapi banyak dari ramuan nenek moyang kita itu terbukti mujarab. Berikut beberapa bahan baku dan kegunaan dari obat tradisional buat ayam :

Kunyit  
Mengurangi rasa sakit, mencegah pembekuan darah, mengurangi rasa panas ayam.


Lengkuas 
Dapat memperpanjang dan melegakan pernafasan.

Tanaman Kunci 
Mengurangi rasa sakit, menambah kekuatan.

Jahe
Mengurangi rasa sakit, menambah kekuatan.

Kencur
Menstabilkan badan ayam

Telur Bebek
Sumber protein, Penambah tenaga.

Gingseng
Meningkatkan Stamina.



Meningkatkan Stamina.

Ramuan tersebut diatas bisa disajikan dengan sajian langsung ataupun disajikan untuk dikemudian hari dengan tujuan sebagai persediaan untuk memudahkan kita dalam pekerjaan. Namun saya anjurkan jangan dikonsumsi oleh manusia sewaktu bahan tersebut diawetkan karena bahan dari telur bisanya mengandung bakteri jika diawetkan terlebih dahulu, sedangkan untuk ayam sangat aman-aman saja. Adapun cara menyajikannya sebagai berikut:

Jamu Ayam Aduan yang Disajikan Secara Langsung di Minumkan

Dari bahan-bahan tersebut antara lain: Kunyit, Lengkuas, Tanaman Kunci, Jahe Kencur dan kalau ada Gingseng, ambil dengan seukuran jari jempol untuk semua bahan dan kemudian bahan-bahan tersebut diparut halus kemudian diberi sedikit air dan diperas diambil airnya kemudian hasil perasan tersebut dicampur dengan kuning telur bebek. jangan banyak-banyak dalam pemberian airnya karena akan menjadikan kita kesulitan dalam meminumkannya ke ayam. Jamu tersebut diminumkannya ke ayam aduan sewaktu akan berangkat keperaduan. Ayam aduan setelah mengkonsumsi jamu tersebut akan terlihat segar dengan muka merah, agresif, dan panjang nafas serta mempunyai cadangan tenaga.

Jamu Ayam Aduan yang Bertujuan Untuk di Simpan

Adapun cara meracik jamu ayam aduan yang bertujuan untuk disimpan, bahan ini dibuat dengan cara diparut halus bahan bahan tersebut (Kunyit, Lengkuas, Tanaman Kunci, Jahe Kencur dan kalau ada Gingseng) setelah halus kemudian dimasak sampai agak kental kemudian baru ditambahkannya kuning telur bebek. Setelah semua tercampur buatlah adonan dan cetak dengan slang plastik ukuran sebesar mulut ayam atau sebesar jari jempol dengan panjang pipa 5cm. Cara mencetaknya dengan cara masukkan adonan tersebut kedalam pipa kemudian tekan menggunakan jari sampai adonan kental tersebul keluar. setelah cetakan jadi semuanya kita tinggal memotong dengan pisau dengan ukuran kira-kira 2cm. Jika kita kesulitan dalam mencetak adonan tersebut bisa dipermudah dengan menggelintir adonan tersebut dan dibuat glintiran kira-kira ayam bisa mudah menelannya. Setelah senuanya selesai kemudian kita jemur sampai kering. setelah betul-betul kering berarti jamu itu sudah siap dimakankan ke ayam kesayangan dengan dosis satu butir perhari untuk menjaga stamina atau 2-3 butir untuk menjelang dan berangkat keperaduan.

Nah setelah membaca resep tradisional ini,semoga ayam aduan kita bisa menjadi lebih gahar,staminanya kuat,dan tentunya bisa membuat sobat jagoholic menjadi bangga terhadap ayam adaun jagoholic.
Back To Top