Cara perpanjang pajak 5 tahunan sepeda motor/mobil

Advertisement

Cara perpanjang pajak 5 tahunan sepeda motor/mobil :


Hola Motor Lovers,
Memperpang kendaran bermotor kadang bikin kita jadi uring uringan. Sama seperti saya,udah bayarnya mahal,prosedurnya sulit lagi,,,,,ehm bikin jengkel. Tapi itu cerita zaman dahulu kala sebelum saya mengalami sendiri,ternyata memperpanjang stnk 5 tahunan itu tidak seperti yang dibayangkan,semuanya berjalan mudah,lancar,dan tenang,biaya juga standar,paling cuman tambah biaya 5 tahunan saja. Nah biar motor lovers tidak galau,ni saya bagi pengalaman pribadi saya saat perpanjang 5 tahunan motor matik skydrive,yang paling diingat adalah kita harus datang diawal banget biar tidak antri..Nih secara garis besar cara perpanjang 5 tahunan;






1. Kita langsung bawa kendaraan ke bagian cek fisik. Daftar dan dapat kertas khusus kisik-kisik nomor rangka dan mesin.

                                           Cek fisik, kisik nomor rangka dan mesin gratis


2. Serahkan kertas khusus tadi ke petugasnya. Gratis, tapi kasih tips juga tidak menolak kok (biar tidak ghulul, niatin sodaqoh saja)
3. Serahkan data hasil cek fisik kembali ke loket pendaftaran cek fisik. Tunggu dipanggil.
4. Setelah dipanggil kita ambil data surat-surat, menuju loket pembayaran pajak STNK.
5. Ke loket pertama, minta formulir pembayaran pajak, isi sesuai contoh yang ditempel di meja tempat mengisi formulir. Ada baiknya anda membawa ballpoint dari rumah. Persediaan di samsat terbatas, antri. Bagi yang belum bawa foto kopi berkas (STNK, KTP, BPKB) bisa langsung menuju mesin foto kopi.
6. Rapikan berkas, tumpuk dan sesuaikan agar memudahkan pengecekan oleh petugas. (bisa minta sekaligus ke tukang foto kopi agar dirapikan, total bayar 3 ribu rupiah). Langsung kembali ke loket pajak.

Nomor antrian komputrise, touchscreen


7. Sampai loket pajak, ambil nomor antrian, 2 lembar lho, 1 disertakan ke berkas, 1 lagi kita pegang menunggu nomor dipanggil. Serahkan berkas ke petugas loket pertama, tunggu dipanggil
8. Tidak sampai 15 menit sudah dipanggil, ambil kwitansi STNK, (jangan lupa cek kecocokan data dulu) guna pembayaran pajak, lanjut ke loket pembayaran. (lebih baik siapkan uang pas, biar lebih cepat). Ada 2 lembar.
9. 1 lembar bukti lunas, serahkan ke loket selanjutnya. Tunggu panggilan. STNK baru didapat. Cek data diri, dan nomor plat serta data lainnya. Pastikan jangan sampai salah.
10. Menuju loket plat nomor polisi, (biasanya berdekatan dengan loket cek fisik) serahkan lembar lunas kedua sebagai bukti pengambilan plat nopol baru.

Maksimal 1 jam proses pembayaran pajak 5 tahun kendaraan selesai. Tergantung anda berangkat di awal ato akhir,sekian dari saya,apabila ada yang kurang jelas bisa menghubungi faster86.blogspot.com
Tetap hati hati,jaga keselamatan,ingat anak istri menanti dirumah,,,,,,
Yang masih jomblo semoga pas perpanjang ketemu jodohnya...
Back To Top